Sistem Penjaminan Mutu Internal

Sistem Penjaminan Mutu Internal Penjaminan Mutu Institut Teknologi Sumatera.

SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal)

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi terdiri atas sistem penjaminan mutu internal yang dikembangkan oleh perguruan tinggi dan sistem penjaminan mutu eksternal yang dilakukan melalui akreditasi.

Berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom untuk mengendalikan dan meningkatkan penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. SPMI direncanakan, dilaksanakan, dievaluasi, dikendalikan, dan dikembangkan oleh perguruan tinggi.

Perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan pengembangan SPMI didasarkan pada standar pendidikan tinggi, yang terdiri atas Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi) dan Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh perguruan tinggi.

Tujuan penjaminan mutu pendidikan tinggi adalah memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan (continuous improvement), yang dijalankan oleh suatu perguruan tinggi secara internal untuk mewujudkan visi dan misinya, serta memenuhi kebutuhan pemangku kepentingan (internal dan eksternal) melalui penyelenggaraan Tridarma perguruan tinggi.

Dokumen SPMI

Dokumen SPMI adalah uraian tertulis secara garis besar tentang bagaimana ITERA memahami, merancang dan mengimplementasikan dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi, sehingga terwujud budaya mutu di ITERA.  Dokumen SPMI Perguruan Tinggi dapat dituangkan dalam bentuk buku, yang terdiri atas:

Tugas Pokok dan Fungsi SPMI

  • Menyusun dan mengembangkan SPMI berikut dokumentasinya.
  • Melaksanakan, pemantauan dan evaluasi SPMI bekerjasama dengan Gugus Kendali Mutu Fakultas (GKMF) dan Gugus Kendali Mutu Prodi (GKMP).
  • Mengkoordinir unit kerja  dalam menerapkan standar mutu yang berbasis Continuous Quality Improvement