Tentang Rapat Tinjauan Manajemen
Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) merupakan rapat tertinggi dalam sistem manajemen mutu yang dilaksanakan pada akhir tahun yang bertujuan untuk mengevaluasi kinerja sistem secara menyeluruh di tingkat Institusi. Secara hierarki RTM dipimpin langsung oleh pimpinan, dan dihadiri oleh seluruh jajaran manajemen. Kegiatan rapat tinjauan manajemen menjadi sangat penting dalam sistem manajemen mutu, karena di dalamnya akan dibahas sejumlah evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh masing-masing lini manajemen di Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Tinjauan manajemen dilakukan untuk memastikan apakah temuan dapat ditindaklanjuti dengan baik dan memastikan bahwa sistem mutu berjalan efektif dan efisien. Tinjauan ini harus mencakup penilaian untuk peningkatan dan perubahan sistem mutu, termasuk kebijakan mutu serta sasaran mutu. Setiap kegiatan tinjauan manajemen harus terdokumentasi dengan baik, dan dokumentasinya harus dipelihara sebagai arsip dan tinjauan mutu. Materi tinjauan manajemen merupakan tahapan yang strategis untuk memanfaatkan hasil Audit Mutu Internal (AMI) sebagai bagian dari aspek pengendalian dalam Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi pelaksanaan, Pengendalian pelaksanaan, dan Peningkatan (PPEPP). Rapat tinjauan manajemen di lingkungan ITERA telah dilakukan secara berjenjang, dimulai dari tingkat Unit (Program Studi, Fakultas, dan unit lain), hingga Tingkat Institusi ITERA. Tindak lanjut dari rapat tinjauan manajemen merupakan bentuk nyata komitmen pimpinan untuk peningkatan mutu.
Tujuan Rapat Tinjauan Manajemen
Tujuan dari kegiatan ini adalah:
- Tujuan umum RTM adalah membahas dan menyusun kebijakan dan/atau tindakan sistem manajemen dan pelayanan institusi untuk memastikan kesesuaian, kecukupan serta keefektifan manajemen mutu berjalan secara konsisten.
- Tujuan khusus RTM adalah membahas tindak lanjut temuan AMI. RTM dilakukan untuk memastikan apakah temuan AMI dapat ditindaklanjuti dengan baik dan memastikan apakah sistem mutu berjalan efektif dan efisien
Metode Kegiatan
Kegiatan pada “Rapat Tinjauan Manajemen tingkat Institusi” dilakukan dengan metode ceramah, diskusi, dan workshop/hands on learning.
- Setiap peserta membawa Laptop.
- Pemaparan Peningkatan Mutu oleh Narasumber
- Pemaparan hasil temuan oleh LPMPP ITERA
- Tanggapan dan pembagian area kerja hasil tindak lanjut.
Peserta Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen
1. Senat
2. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
3. Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan
4. Kepala Biro Umum dan Perencanaan
5. Ketua Satuan Pengawas Internal
6. Dekan Fakultas Sains
7. Dekan Fakultas Teknologi Industri
8. Dekan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan
9. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
10. Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran
11. Sekretaris Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran
12. Wakil Dekan Fakultas Sains
13. Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri
14. Wakil Dekan Fakultas Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan
15. Kepala Pusat Penjaminan Mutu
16. Kepala Unit Penunjang Akademik Teknologi, Informasi dan Komunikasi
17. Kepala Unit Penunjang Akademik Konservasi Flora Sumatera
18. Kepala Unit Penunjang Akademik Bahasa
19. Kepala Unit Penunjang Akademik Perpustakaan
20. Kepala Unit Penunjang Akademik Laboratorium Terpadu
21. Koordinator Perencanaan dan Pengembangan
22. Koordinator Kepegawaian
23. Koordinator Kemahasiswaan
24. Koordinator Akademik
25. Koordinator Sarana Prasarana dan BMN
26. Koordinator Kesekretariatan, Humas, dan HTL
27. Koordinator Keuangan
Tinjauan manajemen PPM dilakukan dua kali yaitu tingkat Unit untuk membahas hasil temuan di level unit, kemudian hasil temuan bersifat open di level unit akan dibawah ke RTM tingkat Institusi. Pelaksanaan RTM dalam beberapa tahapan. Secara umum, proses Rapat Tinjauan Manajemen adalah sebagai berikut diatur dalam Prosedur Operasional Standar dapat diunduh DISINI, dan Laporan Tinjauan Manajemen LPM terbaru dapat diunduh DISINI.